Apa Itu Blogs: Pengertian, Manfaat, beserta Fungsinya

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak orang meraih keuntungan lewat internet salah satu caranya yaitu lewat blog, lalu apa itu blogs? Blog adalah media online multifungsi yang semakin populer.

Menurut survey, 77% pengguna internet ternyata membaca blogs. Jadi tidak heran jika pada tahun 2020 silam, terhitung ada 600 juta blogs yang aktif di seluruh dunia. Apakah Anda juga ingin membuat blog?

Jika iya, simak dahulu pengertian, jenis, hingga fungsi blogs di artikel penjelasan kali ini agar semakin mantap dan siap membuat blogs yang keren. Di bawah ini sudah kami rangkum pembahasannya.

Pengertian Apa Itu Blogs yang Perlu Diketahui

Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, hingga foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus dalam satu platform. Topik yang umumnya ditampilkan terfokus pada satu bidang tertentu, misalnya:

  1. Lifestyle,
  2. Finance,
  3. Kesehatan,
  4. Teknologi,
  5. Kuliner,
  6. Dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, banyak blogger yang sukses di dunia blogs. Sebut saja, Trinity, Sugeng Riyadi, Sasyachi, Iwan Banaran, dan masih banyak lagi. Selain dikelola oleh perseorangan, blogs juga banyak digunakan untuk pengembangan bisnis.

Ada banyak fungsi dan manfaat dari blogs yang tentunya menguntungkan untuk perkembangan bisnis. Jadi, jika termasuk orang yang berminat mengembangkan blog tetapi belum tahu apa itu blogs, Anda sudah datang ke artikel yang tepat.

Keuntungan menggunakan blog untuk bisnis, antara lain:

  1. Branding,
  2. Publikasi,
  3. Mempromosikan produk.

Maka tidak heran mengapa 55% marketer memprioritaskan pembuatan blogs pada marketing plan mereka. Apa Anda adalah salah satu di antaranya yang tertarik untuk membuka blog sendiri?

Inilah Beberapa Manfaat dan Fungsi Blog

Setelah memahami apa itu blogs, Anda juga harus tahu nih apa saja manfaat beserta fungsi lainnya dari penggunaan blog. Bisa jadi, jika ingin membuka bisnis, blog bisa menjadi salah satu media marketing handal.

1. Sarana Publikasi

Anda ingin menyalurkan hobi menulis? Blog bisa menjadi salah satu sarana untuk menuangkan kreatifitas menulis dengan bebas. Baik itu kisah kehidupan sendiri, opini, atau karya lainnya. Atau hobi jalan-jalan alias travelling? Anda bisa menggunakan blog sebagai saran publikasi kegiatan selama travelling mengunjungi tempat-tempat yang baru.

Bukan hanya itu, jika memiliki bisnis, blog juga bisa jadi sarana untuk press release kegiatan. Jika, ada pelanggan yang mengunjungi website bisnis Anda, mereka juga bisa melihat bahwa bisnis Anda tetap eksis. Menggunakan blog bisa menghemat biaya publikasi yang mahal di media online.

2. Portofolio Online

Contoh lain dari manfaat blog adalah sebagai portofolio online. Portofolio adalah salah satu hal penting bagi seorang profesional. Klien atau perusahaan bisa mudah mengetahui skill dan pengalaman yang dimiliki seseorang lewat portofolio. Apa itu blogs portofolio online?

Sebuah website yang berisi hasil karya tulisan, foto, maupun proyek yang pernah dikerjakan. Anda bisa mempercantik blog dengan tema serta desain blog yang menarik untuk memikat klien. Jadi, bisa mendapatkan uang dari blog dengan biaya marketing minim.

3. Branding

Juga bisa jadi sarana branding yang cukup ampuh. Bagi profesional, menulis artikel topik tertentu di blog membuat seseorang dikenal sebagai expert. Jadi, klien atau calon konsumen tidak ragu menggunakan jasa Anda.

Begitu juga bagi bisnis. Lewat blog, Anda bisa membangun branding bisnis sembari memberikan informasi seputar niche yang bermanfaat untuk para calon konsumen baru.

Dengan terus menampilkan artikel yang menarik dan bermanfaat. Kredibilitas blog semakin baik di mata pelanggan. Itulah mengapa, disarankan untuk menulis artikel dengan satu topik tertentu yang dikuasai.

4. Mempromosikan Produk atau Jasa

Jika Anda seorang pemilik bisnis, blog juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk bisnis. Pasalnya, 70% orang ternyata lebih memilih mempelajari produk bisnis lewat artikel dibanding iklan.

Dengan memanfaatkan blog, Anda bisa menulis artikel seputar manfaat hingga tutorial dari produk yang dijual. Langkah ini banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis online. Anda bisa menyalurkan hobi menulis artikel.

Seputar jenis, manfaat, hingga cara merawat produk yang dijual sembari mempromosikan produk di toko online. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa dari pertanyaan apa itu blogs membuka banyak peluang untuk menyalurkan hobi, bakat, hingga berbisnis lewat internet.