Rumus Excel Lengkap yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Ada beberapa rumus Excel lengkap yang sering dipakai dalam dunia kerja dan tentu Anda perlu mengetahuinya. Terutama jika Anda merupakan fresh graduate yang mungkin masih belum memiliki banyak pengalaman di dunia kerja.

Microsoft Excel sendiri merupakan salah satu software paling sering digunakan dalam dunia kerja sehingga tidak jarang jika ada banyak info lowongan kerja yang menyertakan syarat menguasai Excel untuk para pelamarnya.

Kamu tidak perlu khawatir Karena Anda bisa mendapatkan rumus Excel lengkap dan mempelajarinya secara otodidak melalui media internet karena sekarang Sudah Serba canggih dan serba digital.

Tidak perlu menguasai seluruhnya karena yang terpenting Anda mengetahui dasar-dasar rumus Excel saja paling sering dipakai. Misalnya Anda harus tahu bahwa rumus Excel selalu diawali dengan tanda serupa yaitu sama dengan (=).

Untuk lebih jelasnya mengenai beberapa rumus paling sering digunakan di dunia kerja maka Anda berada pada artikel yang tepat karena kami akan mengulas hal tersebut secara mendetail.

Rumus Excel Lengkap yang Dipakai di Dunia Kerja

Jadi perlu dipahami terlebih dahulu bahwa rumus Excel harus diawali dengan tanda serupa yaitu (=), dan rumus-rumus tersebut terbagi menjadi dua yaitu rumus formula dan rumus function.

Formula sendiri adalah rumus yang diketik secara manual oleh para pengguna Sedangkan untuk rumus function adalah template rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel secara langsung.

Dalam dunia profesional tentu keduanya lebih sering digunakan bahkan rumus-rumus tersebut memiliki tempat berbeda yaitu rumus formula untuk data-data sederhana sedangkan function untuk mengolah data skala besar.

Berikut rumus Excel lengkap yang kerap ada di dunia kerja dan Anda benar-benar harus mempelajarinya hingga menjadi mahir Jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan mudah, antara lain:

1. SUM

SUM merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menjumlah angka pada sel-sel tertentu sehingga Anda bisa melakukan penjumlahan dengan sangat simpel dengan format =SUM(…).

2. MAX dan MIN

MAX dan MIN sendiri adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari angka tertinggi ataupun angka terendah dan biasanya digunakan untuk mencari tahu hasil penjualan terendah atau tertinggi.

Contohnya Jika Anda ingin mencari nilai tertinggi serta terendah Dari hasil penjualan bulan Januari 2022 sampai Januari 2023 maka tinggal dimasukkan hasil penjualan data pada satu sel kemudian gunakan rumus =MAX(…) Atau =MIN(…).

3. Average

Rumus Excel lengkap yang banyak dipakai di dunia kerja salah satunya adalah average dimana fungsinya adalah menghitung rata-rata angka pada jumlah sel, dengan rumus serupa yaitu diawali sama dengan kemudian average.

4. Count

Count juga tak kalah populer karena rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah sel berisi angka dan caranya juga sama yang diawali dengan sama dengan kemudian count.

5. Counta

Counta tidak hanya bisa menghitung jumlah sel berisi angka namun juga bisa menghitung sel berisi apapun sehingga bisa dikatakan lebih baik dari rumus sebelumnya yaitu count.

6. Trim

Trim juga masuk salah satu kategori rumus Excel lengkap dalam dunia kerja yang fungsinya adalah menghapus pasi berlebih pada kalimat berada di dalam sel Sehingga nantinya membuat data-data Anda semakin profesional.

7. If

Rumus yang satu ini digunakan untuk memainkan logika tertentu, cukup kompleks dan sering digunakan untuk menganalisis sebuah data benar atau salah, lulus atau tidak dan sebagainya.

Rumus-rumus dasar di atas dengan benar harus Anda pelajari, bahkan kalau perlu harus menghafalnya karena sering dipakai untuk mengerjakan sebuah laporan. Rumus Excel lengkap di dunia kerja sebenarnya tidak sulit Ketika Anda mempelajarinya di kampus.