Cara Membuat Artikel yang Benar dan Mudah

Anda yang bekerja di bidang menulis apakah sudah tahu cara membuat artikel yang benar? Menulis itu sendiri digambarkan sebagai proses untuk mengomunikasikan pemikiran, gagasan, dan pengalaman penulis.

Menulis juga dapat dilihat sebagai usaha untuk mengomunikasikan gagasan melalui kalimat-kalimat yang tersusun secara gramatikal. Menulis adalah usaha seseorang untuk melukis suatu tanda dengan gaya yang dapat dimengerti dan energik bagi orang lain.

Artikel di majalah dan surat kabar dapat dianggap sebagai karya tulis yang komprehensif dalam bentuk laporan berita dan esai. Artikel adalah karya tulis yang mengungkapkan sudut pandang penulis tentang masalah sosial.

Ketahui Cara Membuat Artikel yang Benar

Setelah mengetahui definisi menulis dan artikel secara singkat, kini saatnya Anda menyimak bagaimana membuat artikel yang bagus dan enak untuk dibaca. Di bawah ini adalah langkah membuatnya yang benar.

1. Pilih topik

Pertama-tama, pilih topik yang ingin Anda tulis. Pastikan topik yang Anda pilih relevan dan menarik bagi audiens Anda. Jika Anda memiliki kesulitan dalam memilih topik, cobalah untuk melihat tren atau kebutuhan audiens Anda.

2. Melakukan riset

Setelah Anda memilih topik, lakukan riset untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan valid. Anda dapat menggunakan sumber-sumber seperti jurnal ilmiah, buku, atau artikel online. Jangan lupa untuk mencatat sumber-sumber Anda agar mudah di referensikan.

3. Membuat outline

Setelah Anda mengumpulkan informasi yang cukup, cara membuat artikel berikutnya adalah buat garis besar atau outline dari artikel Anda. Outline ini akan membantu Anda untuk merencanakan struktur dan alur dari artikel Anda.

4. Menulis

Setelah Anda membuat outline, mulailah menulis artikel Anda. Pastikan untuk menyusun paragraf dengan baik dan menyertakan pendapat Anda sendiri dalam artikel. Anda juga dapat menambahkan contoh atau data yang relevan untuk mendukung argumentasi Anda.

5. Memeriksa

Setelah Anda selesai menulis, pastikan untuk melakukan pemeriksaan ejaan, tata bahasa, dan pengetikan. Jangan lupa untuk memeriksa apakah artikel Anda memenuhi standar jurnalistik dan etika penulisan.

6. Menambahkan grafik

Anda juga dapat menambahkan grafik atau gambar untuk membuat artikel Anda lebih menarik. pastikan untuk memilih grafik atau gambar yang relevan dan menarik.

7. Penutup

Cara membuat artikel selanjutnya adalah tulis penutup yang baik dan efektif. Penutup harus menjelaskan kesimpulan dari artikel Anda dan memberikan saran untuk pembaca.

8. Referensi

Pastikan untuk menambahkan referensi dari sumber yang digunakan dalam penulisan artikel. Ini sangat penting untuk memberikan validitas dan kepercayaan dari artikel anda.

9. Publikasikan

Setelah Anda yakin bahwa artikel Anda sudah siap, Anda dapat menerbitkannya di media yang Anda pilih, baik itu di blog, jurnal, atau media sosial. Ingat untuk promosikan artikel anda dan dapatkan feedback dari audiens Anda.

Jenis-Jenis Artikel yang Perlu Dikenali

Selain cara membuat artikel, Anda juga perlu tahu apa saja jenis artikel yang bisa ditulis. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang biasanya dilakukan oleh para penulis, beberapa di antaranya yaitu:

1. News Article

Artikel berita adalah jenis artikel yang menyajikan peristiwa terkini atau perkembangan terbaru dalam sebuah topik. Artikel berita biasanya diterbitkan dalam media massa seperti surat kabar atau situs berita online.

2. Feature Article

Artikel profil adalah jenis artikel yang lebih mendalam dan rinci dibandingkan artikel berita. Artikel profil biasanya menyoroti sebuah peristiwa, orang, atau tempat yang memiliki nilai berita atau penting bagi audiens.

3. Opinion Article

Artikel opini adalah jenis artikel yang menyajikan pendapat atau opini penulis tentang sebuah topik. Artikel opini biasanya diterbitkan dalam kolom opini di surat kabar atau situs berita online.

4. Review Article

Artikel ulasan adalah jenis artikel yang mengevaluasi atau mengulas sebuah produk, jasa, atau acara. Artikel ulasan biasanya diterbitkan dalam majalah atau situs web yang berfokus pada hiburan atau produk.

Dari pemilihan topik yang tepat hingga penyusunan kalimat yang efektif, setiap tahap memiliki peran penting dalam menentukan kualitas artikel. Cara membuat artikel harus dilakukan dengan baik dan benar agar hasilnya dapat memuaskan.