Teknik Mempelajari Pelajaran Bahasa Indonesia Lebih Menarik

Pelajaran bahasa Indonesia sering dianggap mudah bagi siswa karena merasa sudah menggunakannya dalam keseharian. Anggapan ini membuat para murid malas mempelajarinya sehingga hasil pembelajarannya kurang maksimal.

Perlu diketahui bahwa bahasa Indonesia memiliki pembahasan cukup kompleks, sehingga penting untuk mempelajarinya dengan cara lebih menarik. Ada cukup banyak teknik yang dapat digunakan agar pembelajarannya lebih mudah dan menyenangkan.

Bukan hanya dilakukan dalam kelas saja, siswa dapat belajar berbahasa nasional di luar kelas agar tidak membosankan. Praktik di luar kelas dapat melalui komunikasi secara langsung, pemainan, hingga memperbanyak bahan bacaan.

Teknik Pelajaran Bahasa Indonesia supaya Lebih Mudah Dipelajari

Dapat dikatakan bahwa pelajaran ini tidak hanya dapat dijelaskan melalui teori saja, namun juga praktik secara langsung. Latihan dan praktik kemudian dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk memahami pelajaran bahasa Indonesia agar lebih menarik. Berikut adalah cara menarik yang dapat dilakukan siswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia.

1. Bermain Peran

Teknik pertama yang sangat menyenangkan untuk mempelajari bahasa Indonesia adalah dengan bermain peran. Siswa dapat membentuk kelompok kecil untuk menentukan peran dan memilih sutradara untuk memainkan sebuah naskah drama

Sebelum memainkan naskah drama, siswa perlu menghayati ceritanya dengan menganalisis karakter, dialog, suasana, dan masih banyak lainnya. Dengan demikian, bermain peran akan memudahkan siswa memahami pelajaran bahasa Indonesia lebih menyenangkan.

2. Penyelesaian Masalah

Teknik selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk belajar berbahasa nasional adalah dengan menyelesaikan suatu masalah. Caranya adalah mencari topik atau tema yang sedang tren, selanjutnya siswa mengungkapkan argumen mengenai permasalahan tersebut.

Setelah menyampaikan pandangan mengenai isu tertentu, selanjutnya adalah mengidentifikasi setiap pokok permasalahan dan penyelesaiannya. Cara ini sangat cocok untuk melatih siswa menyampaikan argumentasi lebih baik.

3. Melakukan Wawancara

Teknik pelajaran bahasa Indonesia tidak hanya mengenai teori saja, namun juga perlu latihan serta praktik. Caranya adalah dengan berbicara serta interaksi langsung dengan orang lain, salah satunya melakukan wawancara.

Praktik wawancara dapat memperlancar keterampilan berbicara, juga mempelajari penggunaan bahasa secara tepat. Narasumber wawancara sendiri bisa sangat beragam, mulai dari teman, seorang dengan profesi tertentu, hingga tokoh masyarakat.

Semakin sering melakukan wawancara, kemampuan dalam berbicara bahasa Indonesia juga akan terasah. Bukan hanya itu saja, pengetahuan kata semakin berkembang sehingga dapat memilih diksi yang tepat ketika berbicara.

4. Permainan

Pelajaran bahasa Indonesia tidak hanya dapat dipelajari di kelas saja, namun juga dijadikan sebuah permainan menyenangkan. Permainan berbahasa akan membantu mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terkait materi pelajaran.

Beberapa permainan salah satunya merangkai kata-kata tidak berurutan menjadi kalimat yang baik dan benar. Permainan tersebut akan lebih menari lagi jika menambahkan hadiah untuk pemenangnya.

Meskipun permainan ini cukup sederhana, namun dapat membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Metode pembelajaran dengan menggunakan permainan agar terkesan tidak monoton dan membosankan.

5. Mencari Sumber Referensi

Teknik yang dapat digunakan untuk pelajaran bahasa Indonesia selanjutnya adalah dengan memperbanyak sumber referensi belajar. Meskipun di sekolah sudah memiliki buku ajar, namun ada baiknya mencari sumber-sumber lainnya.

Mencari sumber referensi tidak hanya melalui ceramah guru saja, namun dapat juga dilakukan secara mandiri. Caranya adalah dengan memperbanyak buku bacaan sebagai referensi, termasuk beragam novel sastra.

Tidak perlu memaksakan membeli buku baru untuk dapat membaca banyak referensi, siswa dapat meminjam di perpustakaan. Setelah membaca, selanjutnya bisa membuat resensi agar lebih memahami isi bukunya.

Bahasa Indonesia menjadi salah satu pelajaran yang sering diremehkan oleh siswa sehingga hasilnya menjadi kurang memuaskan. Oleh sebab itu, perlu teknik pelajaran bahasa Indonesia menarik agar siswa tidak lagi bosan ketika mempelajarinya.