Model Model Pembelajaran yang Wajib Diketahui Khususnya Para Guru

Bagi seorang guru untuk memahami pengertian model model pembelajaran sangatlah penting. Karena seorang guru akan berhasil dalam membantu siswanya mencapai hasil belajar yang diperlukan dengan memahami masalah tersebut.

Dalam artikel ini, seorang guru perlu mengenal berbagai model pembelajaran yang akan disajikan. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan di kelasnya.

14 Model Model Pembelajaran yang Wajib Diketahui

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa metode pembelajaran yang dapat dilakukan. Beberapa yang bisa diketahui sudah kami rangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Di antaranya adalah:

1. Discovery Learning

Model model pembelajaran ini adalah siswa belajar melalui mencari, menyelidiki, menemukan, dan mendemonstrasikan. Untuk tujuan pembelajaran, guru memberikan tugas kepada siswa misalnya untuk meneliti faktor-faktor penyebab banjir.

Siswa bekerja dalam kelompok untuk mengumpulkan informasi, lalu berbicara kepada penduduk setempat dan mencari informasi secara online. Kemudian mereka didorong untuk menarik kesimpulan dan memberikan presentasi.

2. Model Pembelajaran Inquiry

Metode ini dimaksudkan untuk menginspirasi siswa dalam mencari solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Selama proses pembelajaran, siswa diharapkan memiliki keinginan untuk berpikir kritis dan analitis.

3. Model Pembelajaran Kontekstual

Guru berusaha menghubungkan mata pelajaran dengan dunia luar melalui metodologi pembelajaran kontekstual ini. Untuk memastikan bahwa ide-ide yang disajikan di kelas tidak hanya hipotesis tetapi memiliki aplikasi praktis.

4. Model Pembelajaran Ekspositori

Model model pembelajaran ini mengacu pada eksposisi guru mengenai topik atau gagasan. Melalui penjelasan verbal guru, siswa diharapkan dapat memahami materi pelajaran dalam paradigma pembelajaran ini.

5. Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Dalam gaya belajar ini, fokusnya adalah menggunakan sains untuk pemecahan masalah. Jenis pengajaran ini sering disebut sebagai pembelajaran berbasis masalah dalam bahasa Inggris.

6. Model Pembelajaran Kooperatif

Untuk menyelesaikan tujuan kelas tertentu, siswa akan belajar secara berkelompok menggunakan metode pembelajaran ini.

7. Model Pembelajaran Project Based Learning

Sementara itu, pendekatan pembelajaran berbasis proyek ini mengubah tindakan utama pelajaran menjadi proyek atau kegiatan nyata.

8. Model Pembelajaran PAIKEM

Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan disebut dengan PAIKEM. Paradigma pembelajaran ini harus dilaksanakan sesuai dengan rencana yang dibuat oleh guru agar anak dapat belajar secara aktif dan menyenangkan.

9. Model Pembelajaran Kuantum

Kerangka kerja TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) digunakan dalam model model pembelajaran ini. Yel-yel sering digunakan dalam pembelajaran dengan paradigma ini untuk merayakan atau untuk meningkatkan motivasi belajar.

10. Model Pembelajaran Terpadu

Pembelajaran yang melibatkan atau memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dikenal dengan pembelajaran terpadu. Dengan demikian, diharapkan siswa akan menemukan pembelajaran mereka menjadi lebih bermakna.

11. Model Pembelajaran Kelas Rangkap

Seperti namanya, metode pembelajaran ini biasanya melibatkan penggabungan dua sesi menjadi satu sesi instruksi. Dengan metode ini, pembelajaran yang efektif dapat dicapai.

12. Model Pembelajaran Tugas Terstruktur

Guru memberikan tugas-tugas khusus kepada siswa ketika mereka belajar menggunakan model model pembelajaran ini. Tujuannya adalah untuk masuk lebih jauh ke materi yang sudah disediakan.

13. Model Pembelajaran Portofolio

Dengan mengumpulkan karya terpilih dari satu kelas, model pembelajaran ini dapat diselesaikan. Gagasan di balik konsep ini adalah untuk mendorong keterlibatan siswa dan kerja tim untuk mengembangkan suatu produk.

14. Model Pembelajaran Tematik

Model pembelajaran ini menawarkan pembelajaran tematik, yaitu mengkonsolidasikan pengetahuan dari berbagai pelajaran ke dalam satu mata pelajaran atau tema. Konten tersebut dimaksudkan sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan nyata.

Terlepas dari hal itu, sesuaikan metode yang ada dengan karakter para siswa. Karena telah disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan siswa. Itulah beberapa model model pembelajaran yang bisa digunakan oleh para guru.