6 Aplikasi Kalkulator untuk Android Terbaik dan Terlengkap

Mencari aplikasi kalkulator yang menawarkan beragam fungsi penghitungan bukan menjadi hal sulit lagi. Pasalnya, sudah banyak pengembang yang menciptakan kalkulator dengan kemampuan berhitung tingkat tinggi.

Saat ini, ada cukup banyak model kalkulator yang bisa Anda instal, mulai dari model standar, konversi, perdagangan, hingga ilmiah. Itu artinya, kita sebenarnya sudah tidak butuh lagi kalkulator model lama dalam bentuk fisik.

Android sendiri sudah menyediakan kalkulator bawaan untuk kita gunakan. Hanya saja, model hitungannya terkadang masih biasa saja. Jika ingin mencoba model lain, simak beberapa rekomendasinya di bawah ini!

Aplikasi Kalkulator Terbaik dan Terlengkap untuk Android

Memiliki alat hitung yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan tentu akan sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa model kalkulator yang bisa Anda temukan di Android:

1. HiPER Scientific Calculator

Aplikasi kalkulator pertama ini menawarkan model perhitungan ilmiah seperti yang banyak kita temukan di bangku sekolah atau kuliah. Jika Anda saat ini masih aktif sebagai pelajar atau mahasiswa, tentu model ini wajib untuk diinstal.

Di sini, kita akan disajikan fungsi ilmiah dasar dengan 200 unit lebih konverter. Jika ingin mencari susunan angka acak, ada fitur generator nomor acak yang bisa digunakan. Selain itu, perhitungan permutasi juga tersedia di sini.

2. CalcTape

Jika Anda memiliki sebuah kalkulator, maka alat lain yang perlu disiapkan adalah buku catatan. Inilah yang ditawarkan oleh aplikasi ini di mana kamu bisa menghitung bilangan sambil mencatat hasilnya sehingga bisa dijumlahkan di akhir penghitungan.

Selain itu, kita juga bisa mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan, mulai dari mengubah ukuran tombol, mengubah peletakan keypad. Satu hal yang juga tidak kalah menarik adalah kita bisa membagikan hasil penghitungan kepada orang lain.

3. Xiaomi Calculator

Salah satu brand smartphone asal negeri Tiongkok, Xiaomi, juga menawarkan aplikasi yang sama kepada seluruh pengguna Android. Sebenarnya, aplikasi ini merupakan bawaan untuk perangkat mereka sendiri namun disediakan juga untuk pengguna Android lainnya.

Salah satu kelebihan kalkulator milik Xiaomi adalah fungsi hitungnya yang cukup lengkap, mulai dari model standar, konversi satuan, konversi mata uang, hingga model scientific. Wajar jika aplikasi kalkulator ini sudah diunduh lebih dari 500 juta pengguna.

4. Google Calculator

Jika Anda hanya ingin menggunakan model yang simpel, maka opsinya bisa menggunakan Google Calculator. Setidaknya, aplikasi ini bisa digunakan sebagai kalkulator sehari-hari jika Android Anda tidak menyediakannya.

Operasi penghitungan yang tersedia di aplikasi ini meliputi pengurangan, penjumlahan, perkalian, dan pembagian. Beberapa fungsi seperti trigonometri, eksponensial, hingga logaritma juga sudah disediakan.

5. ClevCalc

Satu lagi aplikasi kalkulator yang tersedia untuk Android adalah ClevCalc. Jenis operasi hitung yang bisa dikerjakan meliputi aritmatika dasar, akar, kurung, kuadrat, trigonometri, logaritma, persentase, hingga fungsi trigonometri.

Selain itu, Anda juga akan dimudahkan dalam mengonversi berbagai satuan ukur sehari-hari seperti luas, volume, panjang, lebar, berat, menghitung suhu, kecepatan, hingga kurs mata uang di lebih dari 135 negara.

6. RealCalc Scientific Calculator

Aplikasi kalkulator terakhir yang tidak kalah lengkap dengan beberapa pilihan sebelumnya adalah RealCalc Scientific Calculator. Seperti namanya, model ini juga menyediakan operasi perhitungan ilmiah standar.

Selain itu, kita juga bisa memasukkan perhitungan biner, oktal, hingga heksadesimal. Tentu sudah sangat cukup untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam kegiatan sehari-hari, kita tidak akan terlepas dari kegiatan menghitung, baik itu dalam bentuk angka, satuan ukur, dan sebagainya. Karena itulah aplikasi kalkulator masih sangat dibutuhkan.