Daftar Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Smartphone

Ada banyak aplikasi desain grafis di hp android yang bisa digunakan. Sebenarnya sekarang, penggunaan aplikasi untuk desain grafis sendiri sudah cukup berbeda. Sebelumnya aplikasi semacam ini hanya bisa digunakan di laptop atau PC.

Hal tersebut wajar mengingat spek dari laptop dan PC sendiri biasanya tinggi. Dengan spek tinggi tersebut, seseorang akan lebih mudah ketika memakai aplikasi desain yang biasanya beresolusi tinggi. Tetapi sekarang, pemakaian di ponsel juga bisa dilakukan.

Sudah banyak ponsel yang spesifikasinya tinggi hingga pemasangan berbagai aplikasi menjadi lebih mudah. Tetapi ingat, pilihlah aplikasi tersebut dengan baik. Jika pemilihannya asal, sangat mungkin hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Berikut Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Ada beberapa aplikasi desain dengan kualitas tinggi yang kali ini akan direkomendasikan. Jika belum mengetahui daftar aplikasinya, ini adalah tempat yang tepat. Berikut ulasan mengenai aplikasinya secara lebih rinci.

1. Adobe Capture

Aplikasi desain grafis pertama yang bisa digunakan adalah adobe capture. Banyak orang menyebut aplikasi ini sebagai anak dari photoshop dan illustrator. Hal tersebut wajar mengingat banyak fitur dari illustrator dan photoshop yang ada pada aplikasi ini.

Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini terletak pada hasil vektornya. Nantinya hamper setiap jenis file yang dimasukkan pada aplikasi bisa diubah menjadi vector. Bahkan ini juga berlaku untuk foto yang diunggah ke aplikasi.

Aplikasi yang sudah dirilis pada 2015 ini sudah diunduh cukup sering. Jumlah unduhannya di playstore saja mencapai lebih dari 5 juta. Nantinya pengguna bisa mengubah warna teks, tekstur, dan banyak fitur lain ketika memakai aplikasi.

2. Sketchbook

Aplikasi desain grafis berikutnya yang bisa digunakan adalah sketchbook. Dari namanya saja, fungsi aplikasi lain sudah jelas. Pengguna bisa memakainya seperti sedang menulis di buku gambar. Beberapa orang bahkan menyebut sketchbook sebagai kanvas digital.

Itu karena pengguna bisa menggunakan kuas, penggaris, hingga alat guritan ketika mulai menggambar. Ada juga spidol pensil yang bisa memberikan ketebalan sesuai keinginan. Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini terletak pada penggunaan warnanya.

Itu karena, penggunaan warna pada aplikasi sangat luas. Tidak ada batasan yang membuat pengguna kurang nyaman saat memilih warna. Sketchbook sendiri sudah dirilis sejak tahun 2014 dan sekarang sudah diunduh lebih dari 100 juta kali.

3. Vector Ink

Aplikasi desain grafis berikutnya adalah vector ink. Jika dilihat dari namanya, kegunaan aplikasi ini cukup jelas. Nantinya pengguna bisa memakai vector ink untuk menciptakan desain berbentuk vector. Perlu diketahui, tools yang tersedia sendiri sangat banyak.

Nantinya pengguna akan dihadapkan dengan beberapa tools unggulan seperti draw tool, gradient tool, dan masih banyak lagi. Penyimpanan gambar ke berbagai ekstensi juga bisa dilakukan. Ekstensi yang bisa dipilih mulai dari JPG, SVG, hingga PNG.

Vector Ink sendiri sebenarnya terbilang sebagai aplikasi baru. Itu karena, aplikasinya baru dirilis pada 2020. Tetapi sekarang jumlah unduhannya mencapai lebih dari 100 juta kali.

4. PaperColor

Aplikasi desain grafis terakhir yang bisa digunakan adalah PaperColor. Ini adalah salah satu aplikasi menggambar terbaik yang bisa digunakan. Keunggulan utama dari aplikasi ini terletak pada antar mukanya yang sangat sederhana.

Dengan kondisi antarmuka tersebut, pengguna baru tidak akan kesulitan saat memakainya. Pewarnaan sendiri bisa dilakukan memakai berbagai jenis tools mulai dari pensil, krayon, kuas cat air, hingga kuas roll. PaperColor sendiri sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Pastikan untuk tidak asal ketika menggunakan aplikasi desain. Jika asal, sangat mungkin hasil desainnya mengecewakan. Oleh karena itu, gunakan saja aplikasi desain grafis di atas untuk menjamin kualitas.