6 Aplikasi Scanner untuk HP Android dan iOS, Gratis

Memindai dokumen kini sudah dipermudah seiring dengan perkembangan zaman. Melalui aplikasi scanner, bahkan tanpa mesin pemindai kini Anda sudah bisa melakukan pekerjaan tersebut pakai HP saja.

Tepatnya memakai smartphone dengan sistem perangkat iOS maupun Android, Anda dapat memanfaatkan aplikasi tersebut. Mulai dari easy scanner, camscanner, turboscanfree, dan sebagainya akan Kami jelaskan caranya di bawah ini.

Camscanner Hingga Turboscan, Ini Aplikasi Scanner Gratis untuk HP Anda

Pengguna Android maupun iOS kini sudah bisa memindai dokumen dengan berbagai aplikasi yang tersedia di store. Tentunya perlu download dan install dahulu, berikut adalah 6 aplikasi pemindai yang Kami rekomendasikan.

1. CamScanner

Berukuran lumayan kecil yaitu kisaran 37MB, camScanner menjadi aplikasi scanner pertama yang Kami rekomendasikan. Tentunya berbagai bentuk dengan dokumen apa saja bisa dipindai menggunakannya.

Nantinya dapat disimpat menjadi file pdf maupun disimpan sebagai foto di galeri HP. Hanya saja hasil pemindaian terdapat watermark dari camScanner. Sehingga supaya dapat menyimpannya tanpa watermark, harus upgrade versinya.

2. Genius Scan

Berikutnya adalah Genius Scan yang dapat diunduh baik pada Google Play maupun App Store. Berukuran 50MB, tersedia berbagai tools atau alat untuk mendukung proses pemindaian dokumen penggunanya.

Nantinya cukup dengan meletakkan dokumen di depan kamera, maka otomatis akan dilakukan pemindaian. Otomatis juga akan dipotong sesuai ukuran kertas, kemudian dibersihkan da diberikan efek seperti alat pemindaian.

3. PhotoScan

Pada aplikasi scanner yang direkomendasikan berikutnya, ada PhotoScan khusus pengguna Android. Namun berbeda dengan dua sebelumnya, PhotoScan seperti namanya memang dikhususkan untuk pemindaian foto dan hasilnya menjadi versi digital.

Misalnya Anda punya foto digital yang ingin diabadikan menjadi versi digital, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan tepat. Tentunya berbagai fitur akan mempermudah pengguna, misalnya enhanced serta anti glare.

4. Easy Scanner

Terdapat Easy Scanner juga, dimana cara kerjanya hampir mirip dengan Genius Scan, tetapi fiturnya lebih lengkap. Diantaranya dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud, advance image processing, hingga batch scan.

Meskipun memiliki fitur canggih, pengguna iOS maupun Android tetap dapat mengunduhnya secara gratis. Hanya saja ukuran aplikasinya memang lebih besar dibandingkan rekomendasi sebelumnya, yaitu kisaran 103MB.

5. Microsoft Office Lens

Seperti namanya, aplikasi scanner yang Kami rekomendasikan berikutnya ini memang diluncurkan Microsoft. Penggunaannya ideal untuk memindai berbagai dokumen, mulai dari struk, kwitansi, nota, kartu nama, dan sebagainya.

Karena dikembangkan oleh Microsoft, tentunya Microsoft Office Lens juga dilengkapi integrasi misalnya One Drive. Ukurannya sendiri tidak terlalu besar, yaitu kisaran 52MB dan dapat diunduh pada Android maupun iOS.

6. Turboscan Free

Ketika Anda ingin membuat dokumen yaitu multiple pages atau beberapa halaman, maka Turboscan free bisa jadi pilihan. Dimana sebenarnya fitur ini juga tersedia pada aplikasi rekomendasi sebelumnya, yaitu Genius Scan.

Sudah pasti toolsnya disediakan untuk mendukung pemindaian dokumen, misalnya pilihan untuk menghapus bayangan atau remove shadow. Ukuran aplikasi scanner ini cukup kecil dibandingkan rekomendasi sebelumnya, yaitu kisaran 16,8MB.

Berdasarkan enam rekomendasi di atas, cara kerja semuanya hampir sama. Tepatnya dengan meletakkan dokumen di depan kamera, kemudian akan otomatis di scan dokumennya. Anda tinggal klik pindai setelahnya.

Beberapa aplikasi ada yang langsung format dokumen seperti pakai alat pemindai. Nantinya kalau diperlukan pengguna bisa mengedit lagi, misal dengan memutar atau rotate, hingga crop bagian yang dirasa tidak perlu.

Berbagai aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis pada Google Play maupun App Store. Hanya saja terdapat beberapa fitur aplikasi scanner yang berbayar apabila diperlukan, misal opsi untuk menghapus watermark.