Cara Sembunyikan Aplikasi di HP Infinix Termudah

Bagaimana cara sembunyikan aplikasi yang ada di HP atau smartphone? Apakah Anda sudah mengetahui caranya atau belum? Khususnya Anda sekalian yang memiliki HP merk Infinix, tetapi belum sepenuhnya mengetahui perihal pernak-pernik di gadgetnya.

Salah satunya, yaitu perihal menyembunyikan aplikasi di dalam HP tersebut dengan berbagai alasan tertentu. Siapa tahu ada orang atau pihak lain yang membuka gadgetnya, sehingga tidak bisa mengetahui aplikasi-aplikasi tertentu di dalamnya.

Cara Sembunyikan Aplikasi di HP Infinix yang Mudah dan Praktis

Anda sekalian para pemilik HP Infinix terutama seri terbaru memang seharusnya mengenal cara menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Dengan alasan keamanan dan privacy, caranya bisa segera Anda praktikkan setelah mengetahui langkah-langkahnya yang benar.

Setelah bisa menyembunyikan satu atau lebih aplikasi yang diinginkan, Anda bisa lebih nyaman. Tidak perlu khawatir lagi saat ada orang terdekat membuka HPnya karena bisa berujung runyam.

Lalu, bagaimana cara sembunyikan aplikasi di HP tersebut yang direkomendasikan. Berikut uraian dan langkah-langkahnya yang harus Anda ketahui.

1. Mengaplikasikan Icon Cache atau Hide Apps

Anda mungkin baru mengetahui ada ikon Cache atau fitur Hide Apps di dalam HP Infinix tersebut. Ternyata, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan beragam aplikasi di dalamnya.

Cara yang satu ini tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Anda hanya cukup mengaplikasikan Icon Cache atau Hide Apps. Tentu saja ada cara sembunyikan aplikasi dan langkah-langkahnya tersendiri, seperti diuraikan berikut.

  • Siapkan dulu HP Infinix Anda, lalu silahkan tekan layarnya beberapa detik setelah gadgetnya diaktifkan. Dengan begitu, muncul beberapa pilihan menu yang bisa Anda pilih.
  • Pilih saja menu Icon Cache atau Hide Apps. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat password, pattern, atau nomor PIN yang bertujuan untuk membuka tutup aksesnya. Silahkan dibuat saja yang mudah saja agar Anda juga tidak kesulitan nantinya.
  • Selanjutnya, beri tanda cheklist pada aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan. Setelah itu, Anda bisa merestart HPnya dan melihat aplikasi yang diinginkan sudah menghilang dari Home Screen atau menu utama.
  • Sementara untuk membuka dan memunculkan aplikasi yang disembunyikan tersebut, Anda dapat melakukannya melalui Icon Cache atau hide Apps. Jangan lupa mengetikkan password, pattern, atau nomor PIN yang sudah didaftarkan sebelumnya.

2. Mengaplikasikan XHide

Cara sembunyikan aplikasi di HP Infinix lainnya, yaitu Anda dapat mengaplikasikan XHide. Sebuah fitur di dalam HP tersebut yang salah satu fungsinya dapat menyembunyikan aplikasi dari menu utama. Ada beberapa langkahnya yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

  • Siapkan HP Infinix milik Anda, lalu silahkan membuka aplikasi Phone Master. Setelah terbuka, cari dan pilih menu Toolbox.
  • Scroll ke bawah dan pilih fitur XHide. Setelah muncul halamannya, Anda disuruh membuat password dengan dimulai tanda dua pagar (##). Selain itu, ditambah empat digit angka belakangnya, misalnya ##1234.
  • Setelah password berhasil dibuat dan disetujui, cara sembunyikan aplikasikemudian Anda bisa memilih aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan. Setelah itu, silahkan merestart HPnya dan Anda dapat melihat aplikasi yang diinginkan sudah tidak ada di halaman utama gadget.
  • Untuk dapat memulihkan atau memunculkan lagi aplikasinya, caranya juga dilakukan melalui fitur XHide. Cara yang cukup mudah untuk Anda praktikkan sekarang juga di gadget sendiri agar beberapa aplikasi yang diinginkan dapat disembunyikan.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi ada orang lain membuka HPnya karena sudah ada cara sembunyikan aplikasi. Dengan begitu, beberapa aplikasi yang dianggap penting atau sensitif bisa disembunyikan dari HP.