Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan dan Bagiannya

Pengertian surat lamaran pekerjaan memang wajib diketahui bagi orang yang ingin melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting yang harus lolos tahapan dari HRD.

Tanpa adanya surat lamaran kerja, nantinya pihak perusahaan tidak bisa mengetahui tujuan Anda melamar. Hal ini karena lamaran kerja termasuk wadah yang digunakan untuk menunjukkan bakat dan minat pada posisi yang dilamar di perusahaan.

Mengenal Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran kerja merupakan sebuah dokumen tertulis yang dibuat dan dikirimkan bersama resume ke perusahaan tempat tujuan melamar. Surat lamaran kerja juga menjadi tanda pengenal bagi pelamar kerja.

Surat ini nantinya akan menjelaskan posisi mana yang akan dipilih oleh pelamar kerja. Jadi, tujuan surat ini dibuat untuk bisa meyakinkan HRD bahwa Anda memang cocok mengisi posisi tersebut.

Ada beberapa langkah untuk membuat pengertian surat lamaran pekerjaan agar bisa lolos screening dari HRD. Berikut ini sudah ada ada beberapa tips buat lamaran kerja yang perlu diketahui, antara lain:

1. Menuliskan posisi yang dilamar

Pertama, Anda juga harus bisa memastikan sudah menuliskan posisi yang dilamar pada bagian pembuka surat lamaran. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa mengetahui skill dan kualifikasi seperti apa yang diharapkan dari diri Anda..

Anda juga harus bisa mencantumkan informasi lowongan perusahaan berasal dari mana. Apabila Anda menggunakan jalur referral, maka beritahu perusahaan siapa orang tersebut dan posisinya apa.

2. Menggunakan format yang profesional

Tips kedua, Anda bisa menggunakan format yang sudah profesional untuk bisa membuat lamaran kerja terbaik. Jadi Anda harus bisa memastikan sudah mencantumkan semua informasi data diri.

Selain itu, Anda juga harus bisa menuliskan informasi tanggal dan penerima surat. Apabila mencantumkan informasi data diri, maka akan lebih mudah bagi HRD melakukan follow up ke tahap berikutnya.

Ketahui Bagian dari Surat Lamaran Kerja

Idealnya, surat lamaran kerja hanya bisa dibuat satu halaman tidak boleh lebih dari itu. Berikut ini akan dijelaskan beberapa komponen pengertian surat lamaran pekerjaan dengan bahasa yang sederhana.

1. Mencantumkan informasi diri

Pertama, Anda harus bisa memastikan surat lamaran kerja yang dibuat harus berisi informasi diri. Informasi diri berupa nama lengkap, nomor handphone, alamat email, dan alamat rumah.

2. Menambahkan bagian pembuka

Untuk bagian pembuka dari surat lamaran kerja, biasanya hanya menyapa penerima surat. Jadi, Anda harus memastikan sudah menyebut nama atau sapaan seperti “Yth. Bapak/Ibu pimpinan”.

Selanjutnya, Anda juga harus bisa mencantumkan jabatan penerima surat tepat di bawah namanya. Anda juga harus bisa menuliskan nama, kota, dan tempat perusahaan.

3. Menuliskan Isi surat

Isi surat merupakan salah satu komponen paling penting dalam lamaran kerja. Isi pengertian surat lamaran pekerjaan ini terbagi atas 3 bagian, yaitu:

· Paragraf pembuka

Pada paragraf pembuka, Anda bisa memberitahu penerima surat dari mana Anda memperoleh informasi lowongan kerja yang dilamar. Misalnya saja, jika Anda mendapatkan informasi di website maka sebut namanya.

· Paragraf tengah

Pada bagian ini, Anda bisa langsung menjelaskan latar belakang dan hard skills yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan alasan mengapa mengisi posisi yang dilamar.

· Paragraf akhir

Pada bagian paragraf akhir pengertian surat lamaran pekerjaan, Anda bisa menjelaskan soft skill untuk menunjang performa. Dengan begini, HRD akan mempertimbangkan Anda sebagai karyawannya.

· Bagian penutup

Bagian penutup, Anda bisa mengucapkan terima kasih karena sudah membaca surat lamaran kepada HRD tutup surat lamaran pekerjaan dengan ucapan “Dengan hormat” di bagian paling akhir.

Jadi intinya, Anda harus bisa membawa surat ini ke perusahaan mana saja yang Anda lamar agar HRD lebih tertarik. Namun, Anda tetap harus tahu pengertian surat lamaran pekerjaan agar bisa melamar kerja.