Mengenal Pengertian dan Ciri Etos Kerja yang Penting Dipahami

Etos kerja atau semangat kerja merupakan salah satu bentuk rasa tanggung jawab seseorang terhadap pekerjaannya. Hal ini sebenarnya sebagai modal untuk terus mengembangkan karirnya.

Ini juga yang nantinya bisa membuat pribadi seseorang terlihat menonjol dibandingkan dengan teman lainnya. Pada informasi kali ini akan membahas tentang etos pada suatu pekerjaan yang wajib diketahui setiap pekerja.

Mengenal Pengertian dari Etos Kerja

Semangat kerja menjadi karakter yang dimiliki seseorang baik dengan organisasi atau kelompok. Jadi dapat dikatakan, semangat kerja adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang agar bisa mendapatkan jati diri.

Oleh karena itu, sikap seperti ini harus dimiliki dan dibentuk oleh setiap individu. Biasanya, pada perusahaan yang sudah berkembang lama, etos kerja ini masuk penilaian seperti OKR dan KPI.

Oleh karena itu, jika ada karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi maka bisa lebih mudah memenuhi OKR dan KPI. Namun, meski semangat kerja tidak masuk ke dalam OKR dan KPI, bukan berarti sikap ini tidak penting.

Justru karyawan yang memiliki karakter ini, dipastikan mempunyai nilai jual lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Misalnya saja, Anda ingin pindah dari suatu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Namun, karena Anda memiliki etos kerja yang tinggi, maka akan lebih mudah mendapatkan penilaian di perusahaan baru dan mudah diterima. Hal inilah yang akan mendatangkan peluang bagi Anda saat bekerja di tempat baru.

Ini juga karena, orang yang di tempat baru memiliki pengetahuan tentang kinerja Anda. Jadi tidak akan ragu untuk merekomendasikan Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa meningkatkan semangat kerja di setiap pekerjaan.

Cara dan Ciri Mempunyai Semangat Kerja

Agar Anda bisa mempunyai etos kerja, maka tidak boleh bergantung terhadap orang lain maupun perusahaan. Anda harus bisa mulai semuanya sendiri. Untuk bisa menciptakannya, Anda harus mempunyai referensi terlebih dahulu.

Anda bisa mencontoh orang terdekat seperti kakak, orang tua, maupun saudara. Anda bisa langsung melihat sikap orang terdekat ketika bekerja melalui pengamatan. Jika sudah berhasil maka bisa langsung Anda tiru dengan benar.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mempelajari pemimpin di perusahaan bagaimana ia memimpin karyawannya. Hal ini tentunya bisa membuat etos kerja Anda semakin berkembang dan tumbuh.

Namun, untuk pertumbuhan ini sendiri harus Anda mulai dari diri sendiri. Jadi Anda bisa memutuskan apakah ada keinginan untuk terus berkembang atau tidak. Berikut ini sudah ada beberapa beberapa ciri umumnya.

1. Harus Lebih Bertanggung Jawab

Seperti yang sudah diketahui, saat ini waktu bekerja lebih bebas dibandingkan zaman dahulu. Anda bisa bekerja semaunya, asalkan mampu memberikan hasil terbaik bagi perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, saat ini diperlukan rasa tanggung jawab yang lebih. Jadi Anda tidak boleh terlalu bebas agar hasil kerja yang diinginkan tetap sesuai aturan perusahaan.

2. Mempunyai Inisiatif

Ciri etos kerja berikutnya adalah memiliki inisiatif. Hal ini sebenarnya masih berhubungan dengan kebebasan. Inisiatif sendiri merupakan salah satu kebebasan yang nantinya akan diberikan oleh suatu perusahaan.

Anda bisa langsung menyampaikan berbagai macam ide yang dirasa sangat baik untuk kepentingan perusahaan. Jadi tidak harus menunggu perintah dari atasan.

Hal ini penting sekali karena bisa menandakan karyawan tersebut peduli terhadap perusahaannya. Jadi Anda harus bisa menyampaikan ide yang bermanfaat bagi perusahaan.

3. Kemauan Bekerja Sama

Ciri semangat kerja selanjutnya adanya kemauan untuk bisa bekerja sama. Ini juga sangat penting agar Anda bisa langsung melihat kemampuan karyawan dalam bekerja.

Mulai dari berkomunikasi bersama orang lain, atau dalam menghadapi tekanan yang buruk. Dengan mempunyai sikap seperti ini, akan membuktikan Anda mempunyai semangat kerja yang tinggi.

Jadi, hal selanjutnya Anda hanya perlu menyesuaikan diri sendiri terhadap perusahaan dan cari tahu mana yang harus ditingkatkan. Dengan begitu, etos kerja yang Anda miliki tidak terbuang sia-sia.