Tips Buat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Tepat

Surat lamaran kerja yang benar saat ini perlu diketahui bagi seorang pelamar kerja di perusahaan atau tempat kerja lainnya. Hal ini karena masih banyak yang tidak mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang mudah.

Sebagian besar pelamar menulis surat lamaran dengan kata yang berbelit-belit, sehingga membuat HRD bosan. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum menulis surat lamaran, simak informasinya berikut ini.

Tips Buat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Dalam membuat surat lamaran kerja Anda harus bisa memperhatikan beberapa hal dengan cermat dan juga benar. Berikut ini akan dijelaskan terkait tips buat surat lamaran kerja, antara lain:

1. Tidak menulis informasi ulang

Pada dasarnya, Surat lamaran kerja harus menjelaskan keinginan Anda dan beberapa hal yang telah dicantumkan di Curriculum Vitae. Oleh karena itu, usahakan membuat surat lamaran yang berbeda dengan CV sebagai lampiran.

Anda bisa merangkum beberapa data dengan menggunakan kata yang menarik dan singkat. Dengan begini, HRD yang akan mewawancarai Anda tidak akan bosan melihat surat lamaran kerja yang benar tersebut.

2. Perhatikan paragraf pertama dan terakhir

Hal yang sering dilupakan pelamar kerja adalah kurang memperhatikan paragraf pertama dan terakhir dari surat lamaran. Oleh karena itu, sebagai pelamar Anda harus bisa memastikan paragraf awal langsung ke pokok bahasan dan tidak terlalu berbelit.

Biasanya, Paragraf awal harus bersifat menjual dan lebih jelas. Sedangkan, pada paragraf terakhir harus lebih tegas dan meminta perusahaan agar langsung menghubungi Anda jika memang lolos seleksi.

Usahakan jangan membuat paragraf terakhir yang terlihat tidak peduli, mengambang atau berharap banyak. Anda harus tetap terlihat berkata lebih halus meski di akhir paragraf.

3. Bicarakan tentang perusahaan

Sebelum Anda memutuskan membuat surat lamaran kerja yang benar, maka lakukan beberapa penelitian terlebih dahulu dengan mencari informasi perusahaan. Biasanya, HRD akan lebih senang apabila Anda mengetahui beberapa hal tentang perusahaan tersebut.

Namun perlu diketahui, saat membicarakannya perusahaan tersebut jangan terlalu buruk. Usahakan tetap terlihat jelas dan buatlah perusahaan tersebut terkesan. Buktikan juga Anda selalu siap diletakkan di bidang apa saja pada perusahaan tersebut.

4. Menunjukkan kepribadian

Terakhir, Anda harus bisa memastikan surat lamaran yang ditulis mencerminkan antusias agar bisa mendapatkan pekerjaan tersebut dengan mudah. Oleh karena itu, hindari penggunaan kalimat yang tampak negatif.

Usahakan Anda juga menggunakan kalimat kerja aktif yang terlihat lebih dinamis dan terperinci. Dengan begini, surat lamaran kerja yang benar siap Anda berikan ke Perusahaan.

Tips Lain dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Selain tips yang ada pada penjelasan di atas, ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda terapkan dengan baik dan benar. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait tips buat surat lamaran kerja, antara lain:

1. Jangan menyebutkan semua kemampuan

Apabila Anda sudah membuat CV, pasti semua keterampilan dan kemampuan dijelaskan disana. Jadi Anda tidak perlu menyebutkan semua keterangan yang ada di CV pada surat lamaran kerja.

Anda hanya perlu menyebutkan tiga pengalaman dan kemampuan yang paling terbaik. Lalu Anda bisa menyesuaikan kemampuan tersebut dengan pekerjaan yang akan dilamar.

2. Jangan lupa tanda tangani lamaran kerja

Apabila Anda menggunakan lembar lamaran kerja dari perusahaan maka pastikan sudah menandatangani surat tersebut. Hal ini terlihat sepele, namun bisa menjadi petunjuk keaslian diri Anda melalui tanda tangan tersebut.

3. Presentasi surat lamaran

Meski Isinya di mata Anda sudah menarik, namun jika surat lamaran kerja yang benar terlihat kotor, jelek atau banyak typo. Maka nilai dari surat lamaran kerja akan berkurang di mata HRD. Oleh karena itu, sebelum Anda mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan cek lagi.

Apa ada yang kurang atau tidak. Anda juga bisa meminta bantuan teman untuk mencari tahu letak kesalahannya. Jadi beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk buat surat lamaran kerja yang bagus.

Ini juga bisa dilakukan untuk menarik perhatian HRD. Apabila Anda ingin mengirim surat lamaran kerja melalui online maka kirim pada hari kerja saja. Surat lamaran kerja yang benar biasanya akan langsung diterima oleh perusahaan.