CV Lamaran Kerja, Definisi dan Formatnya yang Tepat

Tidak hanya surat lamaran pekerjaan, menyertakan CV lamaran kerja juga wajib dilakukan. CV ini merupakan daftar riwayat hidup berisikan biodata sampai riwayat pendidikan lengkap dan ringkas. Fungsinya vital dalam penerimaan pegawai baru, terutama bagian penilaian.

Sering kali, HRD justru menilai CV terlebih dahulu dalam menyortir lamaran kerja yang masuk. Agar daftar riwayat hidup Anda lebih menarik dan mampu bersaing, tentu penulisannya wajib tepat. Berikut dibahas tentang definisi sampai format tepat dalam pembuatan CV.

Definisi dari CV Lamaran Kerja, Wajib Paham Sebelum Membuatnya

Sebelum membuat daftar riwayat hidup, sebaiknya memahami dahulu definisinya secara tepat. Tujuannya agar tidak salah sangka karena keliru dalam menilai definisinya. CV atau Curriculum Vitae ini berupa ringkasan riwayat hidup untuk kepentingan tertentu.

1. Definisi CV Pekerjaan

CV sering dipakai untuk melamar pekerjaan, akan tetapi ada pula yang memakainya untuk hal lain. Contohnya masuk ke perguruan tinggi fakultas tertentu, hingga keperluan magang. CV lamaran kerja ini merupakan dokumen yang menyertai surat lamaran pekerjaan.

Untuk penulisannya bisa dengan Bahasa Indonesia atau menggunakan bahasa asing sesuai kebutuhan pekerjaan. Paling sering, daftar riwayat hidup ini ditulis dengan bahasa Inggris untuk mendapatkan penilaian lebih.

2. Fungsi dari CV Pekerjaan

Penulisan CV tidak boleh terlalu bertele-tele, harus padat tetapi isinya mudah dipahami dan lengkap. Memang tantangan tersendiri membuat CV untuk lamaran kerja yang menarik. Untuk fungsi lengkap dari CV yang wajib dipahami di antaranya:

  • Menjelaskan identitas diri secara lebih singkat terutama tentang pendidikan, identitas, sikap, dan sejenisnya
  • Mendeskripsikan kemampuan profesional yang Anda miliki dalam sebuah dokumen. terdapat juga isi berupa pengalaman kerja yang sudah dilakukan sebelumnya

Format Penulisan CV Lamaran Kerja yang Tepat agar Tidak Salah Tulis

Agar penulisan daftar riwayat hidup tepat dan menarik, formatnya wajib Anda pahami. Memahami formatnya akan membuat proses penulisan daftar riwayat hidup ini lebih terarah. Lebih lengkap tentang formatnya, akan diulas di pembahasan berikut.

1. Ukuran

Untuk ukuran daftar riwayat hidup standarnya adalah tidak boleh lebih dari 2 sisi kerta A4. Akan tetapi untuk yang pengalamannya masih sedikit seperti fresh graduate, 1 sisi A4 saja sudah cukup.

Ada CV yang isinya sampai tiga halaman, biasanya dipakai untuk melamar di posisi tertentu. Seperti posisi manajer, direktur, dan berbagai posisi penting lainnya dengan pengalaman banyak.

2. Deskripsi Diri

Isi CV lamaran kerja pertama adalah tentang deskripsi diri. Cukup gambarkan secara persuasif diri Anda dalam 3-4 kalimat menarik. Deskripsi ini diletakkan di bagian atas dan bisa menjadi first impression bagi penerima lamaran.

3. Biodata Lengkap

Setelah itu, baru isi biodata secara lengkap dengan benar. Beberapa yang wajib dibubuhkan untuk biodata dalam CV di antaranya:

  • Nama lengkap
  • Alamat (opsional ditulis lengkap, bisa ditulis singkat demi keamanan)
  • Pendidikan terakhir
  • Pengalaman kerja
  • Tanggal lahir atau usia
  • Status pernikahan (jika tidak keberatan membubuhkannya)

4. Kemampuan

Setelah biodata lengkap, bubuhkan juga tentang berbagai kemampuan yang sudah Anda capai. Misalnya telah mengikuti beberapa pelatihan khusus, kemudian cantumkan waktunya. Bisa juga kemampuan dari pengalaman kerja di tempat lain jika ada.

Kemampuan teknis atau keahlian ini wajib ditulis di daftar riwayat hidup. Tujuannya sebagai nilai jual Anda dalam bersaing dengan yang lain.

5. Pencapaian Profesional

Tambahkan juga pencapaian di bidang profesional sebagai nilai tambah diri. Contohnya di pengalaman sebelumnya berhasil meraih target penjualan bahkan melebihinya. Coba cantumkan pencapaian tersebut untuk semakin menambah pertimbangan.

6. Pengalaman Organisasi

Ternyata hal ini wajib disertakan jika memang Anda memilikinya sebagai nilai tambah. Ada pekerjaan yang memerlukan keahlian dalam bekerja sama. Adanya pengalaman organisasi tentu berguna sebagai bukti bahwa Anda pernah berpengalaman dalam bekerja sama.

Ternyata penulisan daftar riwayat hidup wajib menambahkan aspek-aspek tertentu. Seperti deskripsi diri, pengalaman, pencapaian, dan sejenisnya. Tujuannya agar CV lamaran kerja Anda tidak biasa-biasa saja dan punya daya pikat tersendiri.