Cara Belajar Adzan untuk Pemula beserta Irama Adzan Merdu

Belajar Adzan bagi umat muslim merupakan suatu kewajiban, hanya saja masih banyak orang yang tidak percaya diri mengumandangkannya. Padahal Adzan merupakan panggilan untuk sholat, sehingga umat muslim dianjurkan untuk menguasai caranya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Adzan artinya pemberitahuan sudah waktunya untuk sholat yang dilakukan dengan lafazh khusus. Dengan berkumandangnya Adzan, maka umat Muslim diundang untuk melakukan sholat dan hal ini sifatnya wajib.

Banyak orang tidak tahu cara melakukan Adzan secara benar, karena mungkin tidak diajarkan dalam keluarga. Biasanya belajar Adzan memang lebih banyak dilakukan di pesantren, namun bukan berarti Anda harus masuk pesantren untuk mempelajarinya.

Belajar mengumandangkan adzan bisa dimana saja, bahkan saat ini sudah banyak juga tersedia aplikasi adzan, sehingga bisa lebih mudah dipelajari. Yang penting saat belajar adalah pahami hukumnya secara benar, serta pahaminya juga apa maknanya.

Tips Belajar Adzan Secara Benar dan Mudah Diterapkan

Tips Adzan yang paling penting adalah suara harus terdengar oleh orang lain karena sebagai mana pengertian dari Adzan tersebut merupakan panggilan untuk sholat. Oleh karena itu, Adzan dilakukan menggunakan pengeras suara, agar lebih mudah terdengar oleh orang lain.

Kemudian hal yang selanjutnya penting diketahui ketika Adzan adalah melakukan Adzan harus menggunakan satu tarikan nafas. Karena sudah disunnahkan bahwa mu’adzin harus menggabungkan dua takbir dalam satu nafas.

Jika Anda memiliki tarikan nafas yang tergolong pendek, maka bisa dipilih cara belajar Adzan yang tarikan nafasnya relative pendek, sehingga tetap dapat dilakukan dalam satu tarikan nafas.

Selanjutnya yang paling penting adalah Adzan dilakukan pada saat batas waktu yang sudah ditetapkan, yakni untuk panggilan sholat. Jika Anda sudah mulai mempelajarinya, pasti bisa melakukan Adzan secara benar serta sesuai hukum yang ditetapkan.

Irama Adzan yang Merdu dan Mudah Ditiru

Melantunkan adzan tentu tidak boleh secara sembarangan, oleh sebab itu perlu dibuat dengan irama yang merdu. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Adzan merupakan panggilan untuk sholat, sehingga ketika dikumandangkan dengan irama yang merdu, maka orang-orang akan lebih tertarik mendengarnya.

Sebenarnya ada beberapa irama adzan yang merdu serta relative mudah dipelajari. Jadi ketika Anda belajar Adzan tidak ada salahnya pelajari juga irama tersebut, karena irama ini sebenarnya bersumber dari irama baca Alquran. Berikut ini beberapa irama Adzan yang merdu dikumandangkan.

1. Adzan Langgam Nahawand

Irama Nahawand ini termasuk Adzan yang relative mudah untuk dikuasai karena karakternya cenderung tenang, dan memiliki naik, turun, dan datar. Langgam Nahawand ini juga bisa diimprovisasikan sehingga lebih mudah untuk dikuasai.

2. Adzan Irama Bayyati

Irama selanjutnya yang juga sangat merdu untuk dilantunkan adalah irama Bayyati. Karakteristik irama ini adalah cenderung meliuk-liuk serta agak lambat. Selain itu pergeseran nadanya juga dibuat mencolok. Umumnya Adzan Irama Bayyati dimulai dengan nada rendah serta diakhiri dengan nada tinggi, atau bisa juga dibuat sebaliknya.

3. Adzan Langgam Shaba

Yang terakhir, irama Adzan yang merdu dikumandangkan adalah irama Shaba. Karakter utama irama adzan ini adalah memiliki sifat allegro atau irama yang ringan. Hanya ada Irama naik dan turun dalam Langgam Sahaba.

Selain itu nuansa yang dibawa juga cenderung sedih agar para pendengar bisa tergugah emosinya serta langsung menggerakkan pendengar untuk melakukan sholat.

Sebenarnya masih banyak jenis irama lain dalam adzan yang merdu untuk didengar. Ketika Anda ingin belajar Adzan pastikan pahami hukumnya serta latih pernafasan agar semakin lantang melantunkan Adzan tersebut.