Tips Belajar Microsoft XL Agar Cepat Paham untuk Pemula

Belajar Microsoft XL sangat dibutuhkan karena penggunaan produk Microsoft office yang satu ini sangat penting banyak digunakan dalam sebuah pekerjaan. Tidak heran banyak perusahaan yang membutuhkan kualifikasi bagi para pelamarnya untuk bisa menggunakan atau mengoperasikan Microsoft Excel.

Microsoft Excel sendiri merupakan aplikasi Microsoft office yang dikhususkan untuk melakukan perhitungan atau data-data berupa angka. Biasanya program Microsoft Excel ini digunakan untuk membuat laporan keuangan atau laporan lainnya yang berhubungan dengan angka dan perhitungan.

Tips Cara Belajar Microsoft XL dengan Cepat

Microsoft Excel mempunyai beberapa perbedaan dengan Microsoft Word utamanya terlihat jelas pada tampilan dokumen yang digunakan. Tools yang ada pada Microsoft Excel sebenarnya tidak jauh beda dengan tools yang ada pada Microsoft Word ada perbedaan pada beberapa fungsi tools saja.

Karena kebanyakan tools yang ada di Microsoft Excel ini berhubungan dengan proses perhitungan terdapat alat untuk membuat rumus-rumus tertentu. Penggunaan rumus dalam Microsoft Excel ini penting untuk dipahami karena bisa membuat dan menghasilkan program sederhana database.

Simak berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pelajari jika ingin belajar Microsoft XL dengan lebih cepat dan mudah :

1. Pahami Tampilan Excel

Tampilan kertas kerja Excel disebut dengan worksheet dan bagian ini berbeda dengan Microsoft Word karena berisi penuh dengan baris dan kolom. Jumlah baris pada worksheet Microsoft Excel terdiri dari 65.536 baris dan 256 kolom yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai data.

2. Pahami Fungsi Tools

Tips selanjutnya agar Anda bisa belajar Microsoft XL dengan lebih cepat Anda harus mengetahui terlebih dahulu fungsi dari setiap tools yang ada. Mulai dari sub menu Home, Insert dan lain sebagainya semua tools yang ada bisa Anda coba satu persatu agar bisa memahami fungsinya dengan baik.

Setiap tools yang ada di Microsoft Excel pastinya bermanfaat dan bisa digunakan sesuai kebutuhan untuk membuat suatu laporan atau pengolahan data tertentu. Maka dari itu dengan memahami fungsi setiap tools yang ada Anda bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien menggunakan tools-tools sesuai kebutuhan.

3. Pahami Rumus

Salah satu yang harus dipelajari saat belajar Microsoft XL dan tidak dimiliki oleh Microsoft word dan office lainnya adalah adanya penggunaan rumus. Contohnya seperti rumus sederhana penjumlahan SUM, pencarian angka terbesar MAX, angka terkecil MIN atau pencarian rata-rata AVERAGE dan berbagai rumus lain.

Selain itu Anda juga bisa dengan mudah menjumlahkan angka yang ada di dua kolom atau baris dengan menambahkan tanda operasi bilangan saja pada formula bar. Menjumlahkan satu baris juga bisa dilakukan dengan cepat dengan melakukan klik dan drag, secara otomatis baris yang Anda pilih akan melakukan operasi sama dengan baris pertama.

Rumus dalam Microsoft Excel ini sebenarnya cukup banyak dan sangat kompleks sehingga jika Anda memang benar-benar memahaminya maka bisa membuat berbagai program yang bermanfaat. Bahkan di dalam aplikasi Microsoft Excel Anda bisa membuat aplikasi sederhana untuk membuat database dan berbagai aplikasi lain yang sangat mudah untuk digunakan.

Namun tentunya untuk memahami semua fungsi atau rumus yang ada dibutuhkan latihan dan menghafal rumus yang cukup rumit. Padahal biasanya skill atau kemampuan menggunakan rumus dalam excel ini bisa menjadi poin tambahan ketika melamar kerja di sebuah perusahaan.

Tidak heran banyak orang yang ingin mempelajari Microsoft Excel untuk bisa meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan berbagai fungsi dalam aplikasi tersebut. Untuk belajar Microsoft XL sendiri harus benar-benar fokus untuk menghafal rumus-rumus yang ada agar bisa lebih cepat dalam mempelajarinya.