Tips Belajar Gitar Pemula yang Tepat dan Cepat

Belajar gitar pemula sebenarnya tidak sulit yang dibayangkan. Ada beberapa tips mudah yang dijamin bisa mudah diikuti.

Gitar adalah sebuah alat instrumen musik yang populer di dunia. Jadi dapat dibilang, gitar termasuk alat musik pertama yang dipelajari oleh banyak orang sebelum menggunakan ke instrumen lainnya.

Tips Tepat Belajar Gitar Pemula

Tidak seperti instrumen lainnya yang cenderung mahal, harga gitar bervariasi dan cukup murah. Apalagi ada varian gitar yang tidak butuh pengeras suara atau daya listrik untuk dimainkan, yakni gitar akustik.

Ada cara mudah agar Anda lebih cepat belajar gitar. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan terkait belajar gitar pemula, antara lain:

1. Kunci Dasar Gitar Harus Dipelajari

Pertama, Anda perlu tahu kunci dasarnya, sebelum mulai belajar main gitar. Gitar mempunyai 6 senar, semuanya bisa membuat bunyi senar beragam dan memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Suaranya tersebut juga tampak berbeda tergantung dari jenis gitar, yaitu elektrik dan akustik. Selain suara, pada bagian tuning-nya terlihat perbedaan antara gitar akustik dan elektrik.

2. Menentukan Posisi Gitar Ternyaman

Berikutnya, adalah menentukan posisi gitar ternyaman, jika sudah hafal kunci dasar gitar. Tips belajar gitar pemula ini penting karena akan berpengaruh pada kenyamanan saat bermain gitar.

Alangkah baiknya, sebagai pemula Anda mulai memangku gitar sembari duduk. Lalu pegang ujung senar gitar dan tegakkan punggung dengan tangan utama.

Kemudian, bisa mengontrol ketinggian jika gitar terlalu rendah, dengan menggunakan bantuan paha. Dengan tips ini, Anda akan lebih mudah bermain gitar.

3. Mempelajari Cara Tuning

Cara belajar gitar pemula selanjutnya pahami nama-nama senar. Seperti yang telah diketahui, hanya dengan ketebalan menipis dari bawah ke atas, gitar sudah memiliki 6 senar.

E, A, D, G, B, dan E merupakan Urutan senar gitar standar. Pada bagian tuner di ujung gitar, Anda sudah bisa mengatur tune senar.

Lalu kencangkan senar gitar, bila ingin nada tinggi. Selanjutnya, longgarkan senar sesuai dengan kebutuhan nada, bila butuh nada rendah.

4. Memulai Memetik Gitar

Tips Belajar gitar pemula berikutnya mulai memainkan instrumen. Gunakan seluruh 5 jarimu, untuk memetik gitar.

Lalu posisikan ibu jari di senar yang paling atas untuk bisa memetik bas nomor 4, 5, atau 6. Jari manis untuk senar nomor 1, sedangkan jari telunjuk digunakan untuk memetik nomor 2.

5. Melatih Memori Otot Tangan

Jika pertama kali main gitar jari-jari Anda langsung keram, maka jangan kaget. Ini termasuk salah satu pengorbanan yang harus dalam belajar gitar.

Jika Anda berlatih secara rutin, maka kram jari akan hilang. Agar Anda terbiasa dengan kunci dasar gitar dan posisi senarnya, maka harus melatih jari bermain gitar juga mengasah otak dan ingatan.

6. Belajar Melodi

Tips Belajar gitar pemula selanjutnya belajar melodi, jika Anda merasa sudah lebih andal dari sebelumnya. Terdapat beberapa cara untuk belajar melodi, antara lain:

  • Paham scale, merupakan cara paling umum, dimulai dengan pentatonic scale.
  • Membaca tabulasi, merupakan proses penempatan data berbentuk tabel berisi not.
  • Memahami improvisasi, merupakan cara belajar melodi gitar dengan mencobanya sendiri dan menebak nada lagu.

Dari semua tips di atas, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak berlatih dengan rutin. Mungkin tampak sepele, namun ini merupakan cara satu-satunya agar lihai bermain gitar.

Anda akan lebih mudah memahami nada dasar, jika terus berlatih. Bahkan, juga bisa Belajar gitar pemula lebih banyak lagu seiring dengan berjalannya waktu.