UNPAD Bandung: Profil Singkat, Biaya, dan Fakultasnya

UNPAD Bandung menjadi salah satu universitas ternama di Indonesia. Berkat kualitas dari para pengajar, serta keunggulan pada setiap fasilitas dan kualitasnya. Menjadikan universitas ini sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Setiap tahunnya selalu menarik perhatian dari para pelajar di seluruh Nusantara. Sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta berkualitas.

Jika Anda salah satu yang tertarik dengan UNPAD Bandung menyimak artikel ini adalah pilihan tepat. Kami akan membahas mengenai profil singkat, biaya kuliah, serta daftar fakultasnya.

Profil Singkat UNPAD Bandung

 

Merupakan salah perguruan tinggi di Indonesia,  berada di Indonesia dan diakui kualitasnya. Terbagi menjadi dua kampus, didua lokasi berbeda-beda; di Jatinangor (sebagai kampus utama) dan di Sumedang.

Telah didirikan sejak tahun 1957. Yang sebelumnya berstatus Badan Layanan Umum, di tahun 2014 statusnya berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH).

Peresmian tersebut dengan adanya penandatanganan Peraturan Pemerintah oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan tersebut atas dasar evaluasi kinerja telah dilakukan oleh tim Independen sebelumnya.

Yakni sebuah tim dibentuk oleh Kemendikbud. Ini berdasarkan BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, pada tanggal 16 Januari tahun 2014. UNPAD Bandung juga mendapatkan akreditasi A atau Sangat Baik.

Perguruan tinggi ini juga sempat mendapatkan peringkat 751-800 di QS World University Rangking dan mendapatkan peringkat ke-7 pada tingkat Nasional. Tentu akan menjadi suatu kebanggan besar, jika berhasil memasukinya.

Karena ada puluhan ribu siswa dari berbagai daerah, berusaha memperebutkan kursi di UNPAD.

Tentang dan Biaya Kuliah UNPAD Bandung

 

Kampus UNPAD Bandung menyediakan beragam fasilitas terbaik bagi para mahasiswa. Antara lain : perpustakaan, rumah sakit pendidikan, rumah sakit gigi-mulut, pusat pelayanan basic sains, pusat bahasa, serta lab central.

Tentunya dengan bangunan memadai bagi pendidikan, serta fasilitas tambahan lainnya membuat mahasiswa bisa menjalankan pendidikan dengan baik.

Fasilitas tambahan lainnya meliputi; stadion jati Padjadjaran, pusat kebugaran dan kecantikan fitness ideal, bale Santika dan fasilitas lainnya.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa UNPAD Bandung merupakan penyumbang tokoh intelektual terbanyak di Indonesia.

Terbilang banyak sekali alumni Universitas Padjadjaran yang menjadi tokoh penting. Sedangkan untuk biaya yang diperlukan mahasiswa: Rp 8.000.000/Semester.

Biaya uang kuliah tunggal yang harus dikeluarkan mulai dari 500.000-15.000.000,00. Sedangkan untuk jalur mandiri mulai dari 20.000.000-250.000.000,00.

Setelah mengetahui sedikit profil serta biaya kuliah yang diperlukan, Anda juga perlu mengetahui fakultasnya yang ada di Universitas Padjadjaran ini.

Fakultas UNPAD Bandung

 

Ada beberapa pilihan tentunya bisa Anda pilih. Bisa dibilang jumlah yang tersedia cukup komplit dan bisa menjadi jembatan meraih cita-cita yang diinginkan.

Pastikan Anda memilih sesuai keinginan, atau pilih dengan peluang prospek kerja tinggi. Sehingga nantinya berguna bagi masa depan serta dapat diaplikasikan dengan baik. Berikut ini daftar fakultasnya;

  1. Fakultas Ilmu Budaya
  2. Fakultas Peternakan
  3. Fakultas Kedokteran
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Keperawatan
  6. Fakultas Teknik Geologi
  7. Fakultas Farmasi
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  9. Fakultas Kedokteran Gigi
  10. Matematika dan Ilmu Pengetahuan
  11. Teknologi Industri Pertanian
  12. Fakultas Pertanian dan Ilmu Kelautan
  13. Fakultas Psikologi
  14. Fakultas Ilmu Komunikasi
  15. Fakultas Ilmu dan Bisnis
  16. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dengan mengetahuinya, Anda bisa menentukan mana yang harus dipilih sebelum mendaftar di perguruan tinggi tersebut. Ada beberapa jalur bisa dipilih SBMPTN, SNMPTN, Mandiri dan jalur Beasiswa.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran di UNPAD Bandung bisa mengunjungi situs resminya.