5 Oleh-oleh Makanan Khas Karawang yang Wajib Anda Beli

Selepas berlibur tidak puas rasanya jika tidak membeli oleh-oleh makanan khas Karawang. Karena kota wisata selalu identik dengan makanan khas suatu daerah. Salah satu wisata yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat adalah wisata Tangkuban perahu.

Karawang merupakan salah satu kota industri terbesar di Jawa Barat. oleh-oleh khas Karawang ini umumnya berupa jajanan tradisional yang memiliki cita rasa nuansa khas Sunda yang unik. Selain itu juga memiliki jenis yang beragam, yaitu makanan ringan hingga makanan berat.

5 Oleh-oleh Makanan Khas Karawang yang Populer

Kota Karawang selain terkenal dengan industri yang besar, namun juga terkenal dengan wisatanya. Sehingga tidak heran jika setiap tahunnya selalu bertambah wisatawan yang berkunjung di kota ini. Bagi Anda yang berlibur, berikut adalah kuliner khas Karawang yang wajib Anda jadikan coba.

1. Gandasturi

Gandasturi merupakan makanan khas Karawang yang direkomendasikan untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Kue ini terbuat dari kacang hijau dan bertekstur unik. Jajanan yang satu ini mirip dengan onde-onde, memiliki rasa isian yang manis legit di dalamnya yang berupa olahan kacang hijau.

Sedangkan pada bagian luar memiliki tekstur yang agak kasar. Namun untuk yang bagian dalam bertekstur lembut. Kue yang berwarna kecoklatan ini biasa disajikan setelah digoreng terlebih dahulu. Anda bisa menemukan kue Gandasturi ini di pasar-pasar tradisional.

2. Kerupuk Bontot

Makanan khas Karawang yang satu ini tergolong ke dalam makanan ringan. Kerupuk bonto sendiri merupakan kerupuk yang masih setengah jadi. Terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan udang yang telah dihaluskan sebelumnya.

Meski dalam bentuk setengah jadi, namun kerupuk ini menjadi buruan para wisatawan. Kerupuk ini dapat disajikan dengan cara digoreng. Untuk tekstur dari kerupuk bontot ini sedikit kenyal dan tebal ketika dikunyah. Jadi, kerupuk ini sekilas mirip dengan cimol, namun lebih tebal dan kenyal.

3. Gegeplak Karawang

Makanan ini bisa Anda jadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Karawang. Gegeplak Karawang ini memiliki cita rasa yang beragam yang mana didominasi rasa manis dan gurih sehingga dapat menggugah selera siapa saja yang mencobanya.

Untuk membuat makanan ini membutuhkan kelapa mudah yang utuh, kemudian campurkan dengan bahan-bahan seperti garam, gula pasir, dan juga beri pewarna makananan, seperti merah muda dan juga hijau. Tujuannya adalah supaya memiliki tampilan yang cantik.

4. Kue Gonjing

Kue Gonjing merupakan salah satu kue khas Karawang yang dibuat dari tepung terigu dan dicampur dengan parutan kelapa seta diberi taburan gula halus. Kue yang satu ini memiliki rasa yang manis sehingga cocok sekali dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung dari Karawang.

Untuk mendapatkan kue ini Anda bisa mengunjungi pasar-pasar tradisional dan juga pusat oleh-oleh khas Karawang. Kue Gonjing yang memiliki warna kecoklatan dan mirip seperti pukis ini cocok disantap selagi hangat.

5. Ali Agrem

Makanan khas Karawang yang satu ini merupakan jajanan yang paling populer. Kue ini sekilas terlihat mirip dengan donat, memiliki bentuk bulat dan bolong di bagian tengahnya. kue ini dimakan agrem karena dalam bahasa Sunda agrem artinya adalah cincin.

Untuk membuat makanan ini dibutuhkan bahan dasar yang berupa tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan kemudian digoreng. Untuk mendapatkan makanan ini Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh khas Karawang atau datang di pasar-pasar tradisional.

Jika Anda berdomisili jauh dari Karawang bisa membeli makanan ringan sehingga tidak basi atau busuk ketika di perjalanan. Berbagai jenis makanan khas Karawang ini bisa Anda temui di pusat oleh-oleh khas Karawang atau pasar-pasar tradisional yang menjajakan dagangan khas Karawang.