Berikut 3 Cara Cek IP Laptop dengan Aman, Cepat, dan Mudah

Cara cek IP laptop merupakan cara untuk mengetahui identitas laptop, komputer, atau perangkat lainnya, terdapat dalam sebuah jaringan internal. IP sendiri berfungsi untuk mengakses jaringan, melacak keberadaan perangkat, dan melihat skala jaringan.

IP laptop sendiri bisa diketahui dengan beberapa cara. IP tersebut bisa dikatakan sebagai deretan angka. Untuk mengetahui IP yang terdapat pada laptop, Anda bisa melakukannya melalui beberapa cara berikut ini.

3 Cara Cek IP Laptop dengan Mudah

Cara mengecek IP laptop ini banyak ditanyakan mengingat banyak sekali manfaat nomor IP. Anda bisa mengikuti cara-cara yang paling Anda anggap mudah. Secara lebih jelas, di bawah adalah cara yang bisa diikuti.

1. Melalui CMD

Cara yang pertama ini dapat Anda ketahui melalui CMD, ini bisa dilakukan dengan beberapa step yang harus diikuti. Untuk mengetahui nomor IP dengan cara CM bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah yang pertama adalah dengan menekan klik ‘Start’ yang terdapat pada menu kemudian cari ‘RUN’. Atau Anda juga bisa mencari ‘RUN’ dengan cara menekan tombol Windows + R
  • Kemudian setelah muncul kotak dialog, kemudian ketik ‘CMD’ yang terdapat pada kolom pencarian, kemudian lanjutkan dengan menekan ‘Enter’
  • Ketika jendela dari command prompt sudha terbuka, Anda bisa mengetikkan ipconfig untuk memunculkan daftar koneksi yang terdapat pada laptop Anda. Kemudian tekan ‘Enter’
  • Command prompt akan menampilkan daftar koneksi yang berasal dari laptop Anda lengkap dengan alamat IP atau subnet mask dan default gatewaynya

2. Melalui Network & Internet Setting

Cara cek IP laptop yang selanjutnya adalah dengan melalui network dan juga internet setting. Bagi Anda yang ingin melihat nomor IP pada laptop bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah yang pertama adalah dengan mencari ikon network dan internet setting yang terdapat pada laptop Anda terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka control panel, lalu temukan ikon network internet. Kemudian klik ikon tersebut.
  • Langkah yang selanjutnya adalah dengan memilih ‘view your network properties’.
  • Jika sudah Anda bisa memilih koneksi yang tengah Anda gunakan.
  • Langkah yang terakhir adalah Anda mendapatkan informasi perihal alamat IP address yang merupakan alamat IP yang berasal dari laptop Anda.

3. Melalui Network Connection

Cara cek IP laptop yang terakhir adalah dengan melalui network connection. Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan nomor IP dengan cara ini bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah yang pertama adalah dengan menekan klik pada start menu. Kemudian cari ‘RUN’. Atau Anda juga bisa melalui tombol Windows dengan menekan tombol Windows + R untuk mencari ‘RUN’.
  • Kemudian ketika kolom pencarian telah terbuka, Anda bisa mengetikkan ncpa.cpl kemudian tekan ‘Enter’.
  • Langkah yang selanjutnya adalah memilih profil koneksi yang sedang aktif. Anda bisa menandai dengan ikon sinyal yang berwarna hijau atau dengan local area yang sedang aktif.
  • Lalu klik kanan yang terdapat pada ikon tersebut dan pilih ‘Status’.
  • Kemudian klik details sehingga Anda bisa melihat alamat IP laptop Anda secara detail
  • Tidak hanya alamat email yang dapat Anda lihat, namun Anda juga bisa melihat DNS, default, subnet mask, gateway, dan yang lainnya.

Apa Saja Fungsi dari IP Laptop?

Sebenarnya, apa fungsi IP laptop ini sehingga banyak yang mencari cara cek IP laptop yang bisa diketahui? Sederet angka ini memiliki beberapa fungsi. Berikut adalah beberapa di antaranya dari IP laptop.

  1. Untuk melacak keberadaan perangkat yang sedang mengakses jaringan
  2. Sebagai identitas dari sebuah perangkat yang mengakses jaringan
  3. Untuk melihat skala jaringan yang sedang digunakan

Namun, ketika Anda melakukan pengecekan melalui network pada laptop, pastikan laptop Anda sedang dalam terhubung dengan internet. Kini Anda sudah bisa mengetahui dengan pasti cara cek IP laptop.